PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Terkadang kita sering mendapatkan sebuah keputusan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Apabaila kita renungkan dengan baik, maka segala keputusan akan berakibat baik dan buruk, akan tetapi bagaimana kita dapat menyikapinya. Pengambilan keputusan yang mengandung unsure politik maka akan membuat kita merasa dirugikan. Banyak pemimpin kita bahkan atasan kita sekalipun terkadang dalam mengambil keputusan terlalu lama, sehingga menimbukan ketakutan yang luar biasa yang terkadang tidak dapat dimengerti .

Ada berbagai macam sifat pengambilan keputusan :

1. Bermuatan politik

Apabila seorang pimpinan teralu banyak mengambil keputusan yang beruatan politik maka jangan harap segala apa yang dihasilkannya akan bermuatan politik pula. Oleh karena itu pemimpin seperti ini biasanya bersifat tenang dan dan selalu curiga kepada orang lain.

2. Memakan waktu lama

Keputusan yang diambil terlalu lama untuk diputuskan dikarenakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil keputusan tersebut. Ini merupakan keputusan seorang pimpinan yang telalu banyak memikirkan hal-hal lain sehingga membutuhkan waktu yang begitu lama.

3. Ketakutan

Biasanya pimpinan merasa takut dalam mengabil keputusan adalah pimpinan yang selalu meminta pentunjuk dari atasannya lagi. Pemimpin model ini sangat kurang dalam hal inovatif. Bahkan lebih condong meminta pendapat atasannya dikarenakan takut salah. Apabila tidak memperoleh jawaban biasanya dia menghidar.

4. Berani

Berani tanpa dengan pemikiran dan wawasan yang luas maka sama saja bunuh  diri. Oleh karena itu memang pemimpin harus berani dalam mengambil keputusan walaupun salah, akan tetapi konsekwensinya juga harus dipertimbangkan.

5. Berwawasan

Dalam pengambilan keputusan biasanya banyak dengan mennggunakan metode sehingga hasil keputusannya tiak dapat digaggu gugat. Hasil dari keputusan tersebut terkadang kaku, itu disebabkan karena data yang diterima dan diolah adalah bahan mentah. Keputusan tersebut sangat bergantung dari data yang diperoleh.

6. Cerdas dan Cepat

Ini adalah gabungan dari yang berwawasan dengan yang berani. Dengan menggunakn metode (AHP, WP, SAW dll) maka membutuhkan data yang akurat dan diproses lagi dengan kearifan lokal yang tidak menyimpang jauh dari hasil yang diharapkan. Sehingga hasil tersebut juga dapat dipertanggungjawabkan dengan segala kemungkinannnya dan dapat dikathui oleh publik sehingga tidak menimbulkan efek kecurigaan.

Semoga pemimpin kita dalam memutuskan segala keputusannya tidak berdasarkan materi yang akan diterima atau menguntungkan bagi sebagian golongan maupun dirinya sendiri.

Bangsa kita sudah besar, masalahpun begitu besar, sehingga harus memiliki manusia yang berjiwa besar dalam membangun negara. Pahlawan kita berkorban bukan untuk menjadikan bnagsa ini bangsa yang pengecut, pembudak dan serakah. Akan tetapi menjadi bangsa yang benar-benar MERDEKA….

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s