Trik Menyusun Skripsi Secara Cepat

Skripsi adalah karya ilmiah yang harus dibuat oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan dalam menempuh studinya. Sejatinya skripsi hanyalah sebuah laporan penelitia. Bagi mahasiswa yang terbiasa menyusun makalh ilmiah menyusun skripsi bukanlah hal yang menyulitkan. Namun bagi sebagian besar mahasiswa yang lain “skripsi” adalah hal yang sangat menakutkan. Banyak yang stres karenanya. Bila kita dapat mengatur waktu dengan baik, sebuah skripsi bisa kita susun dalam kurang lebih dua bulan. Tetapi kenyataannya banyak mahasiswa yang melakukannya dalm waktu yang begitu lama. Berikut ini tips agar anda dapat tepat waktu menyelesaikan skripsi.

  1. Pikirkan judul dan bahan lebih awal Janganlah anda menunggu materi kuliah anda selesai. Jika disyaratkan minimal 120 sks yang sudah diambil (umumnya) atau semester VIII maka persiapkanlah ide judul disemester VI. Sulit mendapatkan judul yang pas? Saat ini kita dapat dengan mudah mencari contoh-contoh judul skripsi dari internet bahkan anda bisa mendownloadnya. Ingat jangan jadi “plagiator” atau “copas” alias copy paste. Yang anda lakukan hanya melihat judul yang ada sebagai inspirasi saja. Bukan untuk mencontek. Bisa juga dengan melihat jurnal-jurnal penelitian yang ada. Atau bila di kampus anda ada perpustakaan yang bagus, anda dapat melihat-lihat judul yang ada. Bahan-bahan materi dapat anda peroleh sesuai dengan judul yang akan anda buat dengan mencarinya di perpustakaan. Namun bisa juga dengan browsing di internet, asal sumber yang digunakan dapat dipertanggung-jawabkan.
  2. Pilih Judul yang Sederhana tapi Dapat Dipertanggungjawabkan Jangan takut judul anda dikatakan pasaran. Asalkan anda dapat menguasai latar belakang dan masalah yang anda ajukan dengan baik kecil kemungkinannya dosen pembimbing tidak meng-acc skripsi anda.
  3. Luangkan waktu anda minimal 30 menit perhari untuk menelaah sumber bacaan. Bagi sebagian orang membaca adalah hal yang membosankan. Apalagi membaca tulisan ilmiah. Mungkin anda juga demikian. Jika bukan karena skripsi anda biasanya malas membaca. Bila anda ingin skripsi anda selesai sesuai waktu yang ditargetkan maka tidak ada salahnya jika anda menelaah bahan bacaan minimal 30 menit setiap hari.
  4. Susunlah Outline dari Judul yang Dipilih Cukup 1 minggu – 1 bulan Outline disebut juga Proposal Skripsi. Outline adalah garis besar dari skripsi yang akan dibuat. Outline ini biasanya diseminarkan untuk mendapat persetujuan dari ketua program study. Apakah boleh diteruskan menjadi skripsi atau tidak. Biasanya terdiri dari tiga bab. Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka dan Bab III Metodologi Penelitian. Usahakan menyusun proposal ini tidak menyita waktu cukup 1 minggu s.d. 1 bulan.
  5. Penyebaran instrumen cukup 1 minggu Dalam Bab III Proposal anda biasanya disebutkan metode apa untuk mengumpulkan data. Bagi penelitian sosial dan ekonomi yang populer digunakan adalh metode kuesioner. Untuk menyebar dan mengambil kuesioner cukup waktu 1 minggu. Namun ini tergantung siapa responden anda. Jika responden anda pegawai atau karyawan suatu instansi anda dapat memperoleh data dalam 1 minggu.
  6. Mengolah data dalam 1 bulan Waktu untu mengolah data biasanya lebih lama. Sebab data yang diperoleh tidak dapat begitu saja digunakan dan ini biasanya menyita waktu.
  7. Jalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing Jangan takut untuk berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Pembimbing memang telah ditugaskan untuk membantu anda menyusun skripsi dengan baik. Mintalah banyak saran kepadanya. Jangan asal “Ya, Bu” dan “Ya, Pa”. Tapi akhirnya anda kebingungan dalam merealisasikan jawaban anda.
  8. Perhatikan waktu bimbingan Bimbingan skripsi biasanya 6 bulan atau 1 semester. Semakin lama waktunya biaya semakin membengkak. Ingat argo meteran spp anda tidak berhenti.

Tips Jitu Menyusun Skripsi Informatika 

Pertama, Pilih topik anda lebih awal. Bila anda mengambil program sarjana 4 tahun maka idealnya ketika memasuki semester ke-7, anda sudah harus memulai memilah-milah topik skripsi apa yang akan anda kerjakan. Anda akan membutuhkan sekitar 4-6 bulan untuk membaca, me-research dan menulis skripsi anda. Buatlah gambaran awal (outline) mengenai perangkat lunak yang akan anda buat. Spesifikasi program, kerumitan, fasilitas, manfaat dan tujuan dari perangkat lunak harus diperjelas. Konsultasikan dan ajukan proporsal skripsi anda kepada dosen / ketua jurusan. Lalu Cari dosen pembimbing yang menguasai topik anda dan teman-teman yang dapat membantu anda . Kumpulkan semua referensi yang berhubungan dengan skripsi anda baik itu teori maupun program jadi dari referensi berupa skripsi-skripsi senior atau referensi dari internet.
Mulailah menulis bab1 dan bab2 berupa pendahuluan dan teori . Kerjakan program / perangkat lunak dengan cara minta bantuan t eman-teman / senior-senior yang sudah paham, kemudian dilanjutkan menyusun bab 3 yang ada di dalam program prototype / rancangan , bab 4 yang berisi algoritma yang diambil dari program.

Kemudian lanjutkan dengan bab 5 berupa ke simpulkan apa yang anda buat dan tulis kelemahan atau saran perbaikan program yang tidak dapat anda kerjakan. Konsultasikan bab per bab dengan dosen pembimbing anda karena itu hal yang sangat penting. Pelajari dengan baik skripsi anda, konsultasikan dengan penuh percaya diri dan jangan pernah terlihat anda lebih tahu dari dosen anda. Kuasai skripsi anda dan konsultasikan secara dua arah, gunanya yaitu bila anda diminta untuk membuat sesuatu yang di luar kemampuan anda. Anda bisa mencoba membalikkan permintaan tersebut dengan menyerahkannya kembali ke dosen tersebut dengan cara minta baik-baik dan hormat supaya dosen tersebut membimbing anda dengan penuh untuk menyanggupi permintaan tersebut, karena request tersebut benar- benar di luar kemampuan anda. Percayalah, bahwa tips ini akan membuat dosen anda sedikit berpikir ketika dia meminta anda untuk menambahkan sesuatu yang rumit.

Satu pemikiran pada “Trik Menyusun Skripsi Secara Cepat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s