Cara Berkirim / Mengirim SMS Teks yang Benar, Baik, Sopan Serta Menghindari Tipuan SMS

 SMS adalah salah satu cara berkomunikasi lewat telepon selular / ponsel yang sangat digemari oleh hampir setiap orang. Dengan sms orang dapat mengungkapkan pesan-pesanya dalam berbagai cara dan bentuk dengan harga yang relatif murah. Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda yang akan atau sudah sering kirim mengirim sms :
 1. Gunakan kata-kata yang tepat
Mengetik sms adalah sesuatu yang tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Untuk itu penggunaan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan pesan yang akan dikirim menjadi sangat penting. Gunakanlah kalimat yang tidak terlalu panjang tetapi pesan yang disampaikan tetap utuh dan mudah dimengerti penerima sms. SMS yang baik adalah sms yang singkat, padat dan tepat tidak terlalu bertele-tele agar penerima mudah mengerti pesan anda dalam waktu yang singkat.
 
2. Jangan menggunakan singkatan kata yang sulit ditebak / diterka
Terkadang untuk menyingkat waktu atau meringkas jumlah karakter sms, kita hanya menyingkat suatu kata menjadi beberapa huruf. Singkatan kata yang terlalu pendek dapat menyebabkan pembaca pesan sms kita menjadi bingung dan bisa mengakibatkan kesal dan salah pengertian terhadap pesan yang ingin disampaikan.
 
3. Gunakan kata-kata yang sopan walaupun sedang marah / emosi
Jangan menggunakan kata-kata kotor dan caci-maki kepada orang lain yang tidak terbiasa dengan hal tersebut. Terkadang teman yang sudah akrab dengan kita bisa mentolerir hal tersebut, namun tidak sama halnya dengan orang lain yang baru dikenal atau belum akrab benar. SMS yang kasar bisa menjadi senjata makan tuan bagi diri anda sendiri jika penerima sms menuntut anda ke pengadilan atas perbuatan yang tidak menyenangkan. Mengetik sms dengan hurup kapital / hurup besar semua mencerminkan marah-marah atau penyataan keras. Gunakan huruf yang kecil saja untuk menghindari salah persepsi.
 
4. Jangan tertipu sms tipuan dan sms berantai
Apabila anda menerima sms yang berisi pernyataan bahwa anda telah memenangkan atau mendapatkan suatu hadiah jangan senang dulu, karena bisa jadi ini adalah tipuan untuk menguras uang anda. Telusuri dahulu siapa pengirimnya dan hubungi costumer service resmi yang nomor teleponnya tidak bersumber dari sms yang anda terima. Lain halnya dengan sms berantai yang berisi ajakan mengirimkan pesan sms ke teman-teman atau rekan kenalan anda dengan iming-iming mendapatkan bonus pulsa, bonus sms, uang, hadiah, dan lain sebagainya. Jika anda menerima sms seperti itu hapuslah dan jangan anda kirim ke orang lain.
 
5. Identitas yang lengkap
Apabila anda mengirim sms pada orang yang baru pertama kali dan belum menginput nomor anda ke address book pada ponsel penerima sebaiknya anda mencantumkan nama anda pada awal atau akhir sms. Di samping itu anda sebaiknya tidak menggunakan fasilitas hide identity untuk menyembunyikan nomor anda di sms untuk memudahkan penerima sms mengenali pengirimnya.
 
6. Jangan mengirim sms ke orang yang anda tidak kenal
Orang lain yang menerima sms untuk berkenalan dari orang yang belum pernah dikenal biasanya tidak akan ditanggapi. Begitu juga bagi anda, keluarga, anak, kawan, dan sebagainya yang menerima sms seperti itu sebaiknya jangan ditanggapi, karena bisa saja pengirimnya memiliki maksud yang buruk yang dapat mengakibatkan tindak kriminal.
 
7. Bersabar menerima balasan sms
Terkadang terjadi kesalahan teknis seperti bts mati, server sms penuh, peak hour, dan lain sebagainya yang mengakibatkan sms anda tertunda baik dalam pengiriman, maupun penerimaan balasan sms. Di lain sisi jika anda mengharapkan balasan dari penerima bersabarlah. Bisa saja penerima sedang tidak berada di dekat ponsel, pulsa sedang habis, sedang masa tenggang, hp rusak dan lain sebagainya yang bisa menyebabkan tidak ada balasan dalam waktu yang cepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s