UMC Pameran Robot Mahasiswa

sumber : http://radarcirebon.com/2012/03/19/umc-pameran-robot-mahasiswa/
 
TUPAREV – Mahasiswa jurusan teknik informatika UMC membuat terobosan. Minggu (18/3), mereka mengadakan pameran robot line follower hasil karya siswa. Sebanyak enam buah robot line follower sukses memukau masyarakat yang datang.
Ketua Prodi Teknik Informatika, Ade Johar Maturidi MPd MKom mengatakan, pameran merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa semester 6 dan 8 untuk mengambil mata kuliah selanjutnya. “Sebetulnya ini untuk memenuhi mata kuliah PKL, dan di sini, mahasiswa diwajibkan membuat robot line follower dan harus hasil robotnya disiasati dalam bentuk pameran. Jadi tidak lagi dengan membuat sistem informasi,” jelasnya.
Ade mengatakan, ini adalah kali pertama kegiatan tersebut digelar. Kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan dunia robot pada masyarakat dan mahasiswa lainnya. “Kami juga ingin mengenalkan kalau membuat robot itu tidak susah dan tidak harus mahal,” tuturnya.
Ade mengatakan, robot line follower adalah sebuah robot yang mampu mengikuti trek garis yang telah dibuat. Ke depan, pameran sejenis akan terus digelar. Dan robot yang ditampilkan pun semakin bervariatif. Baik itu robot yang sudah bisa bergerak atau bahkan melakukan break dance.
Sementara, seorang mahasiswa, Mulyadi mengaku, pembuatan robot ternyata sangat sederhana. Dengan pemberian tugas pembuatan robot, Mulyadi akhirnya sadar kalau bikin robot tidak mahal dan sangat mudah. “Ini rintisan pertamanya. Kita membuat dari minimum (kemasan, red), sistemnya sampai finishing-nya,” tuturnya. Mulyadi juga merasa sangat senang karena hasil karyanya direspons sangat antusias oleh teman-teman dan pihak universitas. (kmg/opl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s